Ricky l foto studio jakarta



Ricky l foto studio jakarta

Saat membeli kamera baru, saya perhatikan sebagian besar pembeli meremehkan kualitas memory card, seperti kecepatan, kapasitas dan merk. Padahal kualitas memory card sangat penting karena bertugas menyimpan data foto dan video. Karena merk dan tipe kartu di pasaran cukup banyak, kita perlu memahami standar yang ditetapkan Asosiasi SD dalam bentuk kode yang tertera di setiap memory card.

sd-card-markAda dua jenis indikasi kecepatan, yaitu Speed Class dan UHS. Speed Class menentukan kinerja kecepatan penulisan minimum saat merekam file foto. Speed class yang didefinisikan oleh asosiasi SD adalah Class 2, 4, 6 dan 10. Angka-angka tersebut mengindikasikan kinerja memory card tersebut. Contohnya: Class 2 berarti kecepatan kartu 2 MB / detik. Dalam era fotografi digital saat ini yang megapixelnya sekitar 12-18MP, saran saya minimal mengunakan kartu dengan Class 6. Tapi lebih baik mengunakan kartu Class 10.

UHS speed class menentukan kinerja merekam video. UHS Class yang ditentukan Asosiasi SD antara lain Class 1 (U1) dan UHS Speed Class 3 (U3). UHS adalah singkatan dari (Ultra High Speed). Memory card dengan UHS memiliki kecepatan maksimal 312 MB/detik.

UHS 1 menjamin minimum aliran data 10 MB/s saat merekam video, cocoknya merekam video maksimum beresolusi Full HD.

UHS 3 memastikan minimum aliran data 30MB/s, cocok untuk merekam video resolusi 4K / UHD.

Kecepatan memory card juga akan menentukan durasi pemindahan atau penyalinan data dari memory card ke harddisk. Mungkin ini kesannya sepele, tapi untuk fotografer profesional seperti wartawan foto yang memotret dalam jumlah banyak dan harus segera mengirimkan hasil fotonya, kecepatan baca-tulis memory card sangat penting.

Lima tahun yang lalu, 8 GB mungkin sudah cukup untuk hunting foto seharian, saat sebagian kamera resolusinya hanya sekitar 12MP, tapi saat ini, resolusi kian bertambah, 24MP merupakan hal yang lumrah dijumpai di kamera-kamera pemula sekalipun. Untuk kamera profesional yang resolusinya diatas 24MP, dibutuhkan memory card yang kapasitasnya lebih besar.

Sebagai gambaran saya sertakan tabel dibawah ini. Angka-angka dibawah menandakan jumlah foto yang dapat tersimpan ke dalam memory card dengan kapasitas tertentu.

Jika merekam foto dengan image quality JPG ukuran besar (L).

sd-card-jpg-kapasitas

Jika merekam foto dengan image quality RAW

sd-card-raw-kapasitasRekomendasi saya bagi yang sedang mencari memory card sebaiknya menyesuaikan dengan kebutuhan dan resolusi gambar kamera digital masing-masing. Contohnya jika resolusi kameranya dibawah 20MP, maka sekeping kartu 32 GB akan cukup untuk hunting foto beberapa hari. Tapi kameranya beresolusi lebih dari 24MP, dan sering merekam video, lebih baik berkapasitas 64-128GB dan berkecepatan tinggi (UHS-3).

Ingin belajar fotografi dan ikut tour foto? – periksa jadwal disini.



Ricky l foto studio jakarta 14
M Customize Glitter Graphics, Glitter Text
Ricky l foto studio jakarta 3
Grand Pier, Weston-Super-Mare, Somerset, England - Webshots
Ricky l foto studio jakarta 73
Restoran Vegan Indonesia, Restoran Vegetarian Indonesia
Ricky l foto studio jakarta 26
Amanah Surga Productions - Wikipedia bahasa Indonesia
Ricky l foto studio jakarta 33
BibMe: Free Bibliography & Citation Maker - MLA, APA
Ricky l foto studio jakarta 89
Panduan membeli SD Card - m
Ricky l foto studio jakarta 39
Ricky l foto studio jakarta 57
Ricky l foto studio jakarta 83
Ricky l foto studio jakarta 95
Ricky l foto studio jakarta 47
Ricky l foto studio jakarta 73
Ricky l foto studio jakarta 100
Ricky l foto studio jakarta 48
Ricky l foto studio jakarta 53
Ricky l foto studio jakarta 69